Langsung ke konten utama

Cara Menanam Bibit Kelapa Kopyor

pengusaha kelapa kopyor.com


Menanam bibit tanaman pastilah menggunakan cara yang berbeda-beda. Karena semua jenis tanaman tidak semua memiliki kesamaan dalam bertahan hidup. Cara  ini juga digunakan untuk menanam bibit kelapa kopyor. Karena kelapa kopyor adalah kelapa yang sangat memiliki kelainan genetik pada buahnya, tidak sama dengan buah kelapa biasa.

Hampir semua tanaman pasti ditanaman mulai dari setiap bibit yang paling kecil.  Penanaman benih kelapa kopyor juga melalui bibit yang telah disemaikan. Maka penyemaian melalui bibit ini harus mendapatkan perlakuakn khusus supaya bibit cepat tumbuh besar dan menjadi bibit unggul.

11.   Penyiapan Lahan
pengusaha kelapa kopyor.com

Langkah awal yang harus disiapkan sebagai tempat penanaman bibit pohon kelapa kopyor adalah lahan. Hampir semua jenis tipe tanah dapat digunakan sebagai lahan tanam, tetapi sebisa mungkin hindari lahan tanah yang menganduh kapur keras. Untuk standar supaya bibit kelapa kopyor dapat tumbuh adalah di ketinggian tanah 400 mdpl dari permukaan air laut, dengan kebutuhan sinar matahati penuh 75%. Penyiapan lahan untuk meningkatkan produktivitas kelapa kopyor pada nantinya.

Untuk cara penanaman sebaiknya menggali lubang sekita 50 cm dan lebar 40 cm.  lalu masukkan pupuk kandang yang sudah terfregmentasi kurang lebihnya 10 cm dari lubang. Sesudah itu tutup dengan tanah sekitar 10 cm, kemudian letakkan bibit kelapa di atas tanah hasil galian, kemudian tutup batok kelapa hingga berukuran ¾ batok kelapa tertutupi tanah. Sisakan ¼ batok tanah, hingga memasuki umur bibit 2/3 bulan baru semua batok kelapa boleh ditutup tanah seluruhnya.

22.  Cara Pemilihan Pupuk
pengusaha.com

Pemilihan pupuk dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah pupuk awal dan pupuk lanjutan. Maskdunya pemilihan pupuk awal adalah pada saat penanaman bibit. Pupuk yang baik untuk penanaman awal adalah pupuk kandang yang sudah terfregmentasi atau pupuk kompos. Sedangkan pupuk lanjutan dapat menggunakan pupuk jenis NPK ketika pohon sudah berumur 1 tahun. dengan memberikan pupuk NPK 3 sendok makan setiap pohon dengan jarak 30 cm daripusat pohon.

33. Cara Pembuatan Pupuk NPK( Nitrogen, Phospat, dan Kalium)
pengusaha kelapa kopyor.com

Cara membuat pupuk NPK sangatlah mudah. Kita dapat menggunakan bahan-bahan dari kacang tanah, jerami, daun salam, dan sirsak, air kelapa, tetes tebu, microba cair, dan urine sapi. Dengan menggunakan metone fregmentasi, bahan-bahan di atas dicacah kecil, sesudah itu dimasukkan dalam sebuah wadah kemudian ditututup rapat. Jangan lupa untuk menambah microba untuk mempercepat prosesnya. Dapat ditmbahkan leri (air perasan beras), jeroan usus ternak ditambahkan tetes tebu, lalu simpan dan jaga kelambabannya hingga menjadi micoba buatan.

Cara pembuatan pupuk Phospat, dan Kalium juga prosesnya juga sama. Membuat phospor cair lebih mudah, dengan menggunakan batang pohon pisang yang dipotong melintang dan tambahkan tetes tebu. Sementara pembuatan kalium justru lebih mudah lagi. hanya dengan serbuk kelapa dan air, tempatkan dalam wadah dan tutup rapat. Buatlah saluran udara menggunakan selang dan masukkan ujung selang dalam botol air. Tunggulah sekitar 2-3 minggu, hingga menjadi pupuk NPK.


Penggunaan pupuk NPK pun sangatlah mudah dengan buatan sendiri yang dicampur air. Perbandingannya adalah 1:14 liter air. Sesudah itu semprotkan pupuk NPK ke tanaman bibit kelapa kopyor pada pagi hari mulai dari jam 09:00-10:00 atau pada sore hari pukul 16:00-17:00 disis sebelah daun pohon kelapa.    Berbahan dari daun-daun disekitar kita sangatlah muda untuk membuat pupuk
 NPK. [Aris/Pengusaha bibit kopyor]

Postingan populer dari blog ini

Memilih Bibit Kelapa Kopyor Yang Bekualitas

Setiap pemilihan bibit kelapa kopyor akan menentukan kualitas hasil setelah masa panen kelapa kopyor. Untuk mendapatkan bibit-bibit yang unggul maka diperlukan cara yang sesuai dan benar. Penanganan pemilihan bibit yang baik, akan menentukkan keberhasilan dan pertumbuhan bibit kelapa kopyor sebagai sumber benih.
Sesudah menemukan induk benih kelapa kopyor, lakukanlah pemanenan buah untuk mendapatkan benih yang berdasarkan kriteria umur, serta kondisi fisik buah. Lalu segeralah melakukan pemilihan.
1.Menyeleksi Benih Langsung Dari Pohon Buah kelapa untuk pembibitan kelapa kopyor adalah yang sudah matang fisiologinya. Untuk umur buah kelapa kopyor Genjah yang bagus adalah berumur 11 bulan, sedangkan untuk kelapa kopyor tipe dalam adalah 11-12 bulan. Selain itu untuk  ciri-ciri yang lain secara fisik buah kelapa tidak keriput, dan tidak ada serangan hama dan penyakit seperti bekas lubang. Memiliki kandungan air 95% , apabila buah diguncang akan terdengar bunyi yang nyaring.
2.Menyeleksi …

Mengenal Jenis-Jenis Kelapa Kopyor

Jenis-Jenis Kelapa Kopyor Berbisnis kelapa kopyor kian digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keuntungan yang sangat menjanjikan ketika membudidayakannya. Namun kebanyakan orang-orang masih kebingungan, juga belum memahami betul bagaimana cara-cara menanam bibit kelapa kopyor yang baik dan benar. serta dapat berbuah banyak Mereka juga tidak memahami bagaimana ciri-ciri tipe kelapa kopyor yang cocok untuk di budidayakan.
Dalam pembagian kelapa kopyor terdapat dua jenis kelapa, yaitu jenis kelapa kopyor tipe dalam, dan tipe genjah. Keduanya memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda. Ciri-ciri itu berfungsi untuk membedakan kualitas kelapa kopyor tersebut, supaya para pembudidaya tidak keliru dalam membeli bibit kelapa kopyor nanti. 1.Kelapa Kopyor Tipe Dalam Kelapa kopyor tipe dalam memiliki ciri-ciri sebagai berikut: ·Memiliki batang besar ·Memiliki bol pada pangkal batangnya ·Berbunga pada umur 5-7 tahun ·Buah kelapa berukuran cukup besar, tetapi produktifitas sangat…