Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-Jenis Kelapa Kopyor

http://bibitkelapakopyorpati.blogspot.co.id/
Jenis-Jenis Kelapa Kopyor
Berbisnis kelapa kopyor kian digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keuntungan yang sangat menjanjikan ketika membudidayakannya. Namun kebanyakan orang-orang masih kebingungan, juga belum memahami betul bagaimana cara-cara menanam bibit kelapa kopyor yang baik dan benar. serta dapat berbuah banyak Mereka juga tidak memahami bagaimana ciri-ciri tipe kelapa kopyor yang cocok untuk di budidayakan.

Dalam pembagian kelapa kopyor terdapat dua jenis kelapa, yaitu jenis kelapa kopyor tipe dalam, dan tipe genjah. Keduanya memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda. Ciri-ciri itu berfungsi untuk membedakan kualitas kelapa kopyor tersebut, supaya para pembudidaya tidak keliru dalam membeli bibit kelapa kopyor nanti.
http://bibitkelapakopyorpati.blogspot.co.id/
1.     Kelapa Kopyor Tipe Dalam
Kelapa kopyor tipe dalam memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·       Memiliki batang besar
·       Memiliki bol pada pangkal batangnya
·       Berbunga pada umur 5-7 tahun
·       Buah kelapa berukuran cukup besar, tetapi produktifitas sangat sedikit. Dalam satu tandan hanya berbuah kopyor sebanyak 1-2 buah saja.
·       Buah kelapa kopyor tipe dalam memiliki 3 jenis warna, yaitui hijau, hijau kekuningan, dan coklat hijau kekuningan.

Kelapa kopyor tipe dalam ini cenderung menghasilkan buah yang sedikit, karena penyerbukannya silang. Sehingga pertemuan antara gen resisif,  serbuk bunga betina dan serbuk sari relatif sedikit. Jenis kelapa kopyor tipe dalam ini banyak dijumpai di daerah Kalianda (Lampung Selatan), Ciomas (Bogor), Sumenep (Madura), Jombang Jawa Timur, dan Pati Jawa Tengah.
http://bibitkelapakopyorpati.blogspot.co.id/
2.     Kelapa Kopyor Tipe Genjah
Jenis yang kedua adalah tipe kelapa kopyor Genjah. Berikut adalah cici-cirinya:
·       Memiliki batang lebih kecil dibanding jenis tipe dalam
·       Tidak memiliki bol pada tangkai batang
·       Tipe genjah berbuah lebih cepat, mulai berbuah dari umur 3-4 Tahun.
·       Ukuran buahnya lebih kecil, tetapi produktifitasnya lebih banyak.
·       Buah kelapa kopyor tipe genjah memiliki 5 jenis warna, yaitu: hijau, hijau kekuningan, coklat tua, coklat muda, kuning (gading wulan), dan orange (gading).

Produktifitas tipe kelapa koppyor genjah ini tinggi karena proses penyerbukannya dilakukan sendiri, sehingga peluang pertemuan antara gen resisif pada bunga betina dan seruk sari lebih besar. Kelapa kopyor tipe genjah banyak di budidayakan di daerah kabupaten Pati Jawa tengah.

Bagi para pemula yang ingin melakukan penanaman pembibitan alangkah baiknya mempelajari cara yang benar dalam menanam. Dan harus mengetahui tipe jenis apa yang bagus untuk dikembang biakan. Melihat kriteria dalam artike ini, maka jenis tipe kelapa kopyor genjahlah yang paling baik untuk dibudidayakan. Selamat mencoba! [pengusaha bibit kelapa kopyor]


Postingan populer dari blog ini

Memilih Bibit Kelapa Kopyor Yang Bekualitas

Setiap pemilihan bibit kelapa kopyor akan menentukan kualitas hasil setelah masa panen kelapa kopyor. Untuk mendapatkan bibit-bibit yang unggul maka diperlukan cara yang sesuai dan benar. Penanganan pemilihan bibit yang baik, akan menentukkan keberhasilan dan pertumbuhan bibit kelapa kopyor sebagai sumber benih.
Sesudah menemukan induk benih kelapa kopyor, lakukanlah pemanenan buah untuk mendapatkan benih yang berdasarkan kriteria umur, serta kondisi fisik buah. Lalu segeralah melakukan pemilihan.
1.Menyeleksi Benih Langsung Dari Pohon Buah kelapa untuk pembibitan kelapa kopyor adalah yang sudah matang fisiologinya. Untuk umur buah kelapa kopyor Genjah yang bagus adalah berumur 11 bulan, sedangkan untuk kelapa kopyor tipe dalam adalah 11-12 bulan. Selain itu untuk  ciri-ciri yang lain secara fisik buah kelapa tidak keriput, dan tidak ada serangan hama dan penyakit seperti bekas lubang. Memiliki kandungan air 95% , apabila buah diguncang akan terdengar bunyi yang nyaring.
2.Menyeleksi …

Cara Menanam Bibit Kelapa Kopyor

Menanam bibit tanaman pastilah menggunakan cara yang berbeda-beda. Karena semua jenis tanaman tidak semua memiliki kesamaan dalam bertahan hidup. Cara  ini juga digunakan untuk menanam bibit kelapa kopyor. Karena kelapa kopyor adalah kelapa yang sangat memiliki kelainan genetik pada buahnya, tidak sama dengan buah kelapa biasa.
Hampir semua tanaman pasti ditanaman mulai dari setiap bibit yang paling kecil.  Penanaman benih kelapa kopyor juga melalui bibit yang telah disemaikan. Maka penyemaian melalui bibit ini harus mendapatkan perlakuakn khusus supaya bibit cepat tumbuh besar dan menjadi bibit unggul.
11. Penyiapan Lahan
Langkah awal yang harus disiapkan sebagai tempat penanaman bibit pohon kelapa kopyor adalah lahan. Hampir semua jenis tipe tanah dapat digunakan sebagai lahan tanam, tetapi sebisa mungkin hindari lahan tanah yang menganduh kapur keras. Untuk standar supaya bibit kelapa kopyor dapat tumbuh adalah di ketinggian tanah 400 mdpl dari permukaan air laut, dengan kebutuhan …