Sabtu, 14 Mei 2016

Mengenal Jenis-Jenis Kelapa Kopyor

Jenis-Jenis Kelapa Kopyor
Berbisnis kelapa kopyor kian digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keuntungan yang sangat menjanjikan ketika membudidayakannya. Namun kebanyakan orang-orang masih kebingungan, juga belum memahami betul bagaimana cara-cara menanam bibit kelapa kopyor yang baik dan benar. serta dapat berbuah banyak Mereka juga tidak memahami bagaimana ciri-ciri tipe kelapa kopyor yang cocok untuk di budid
kelapa kopyor penyembuh racun dalam tubuh
http://bibitkelapakopyorpati.blogspot.co.id/
ayakan.

Dalam pembagian kelapa kopyor terdapat dua jenis kelapa, yaitu jenis kelapa kopyor tipe dalam, dan tipe genjah. Keduanya memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda. Ciri-ciri itu berfungsi untuk membedakan kualitas kelapa kopyor tersebut, supaya para pembudidaya tidak keliru dalam membeli bibit kelapa kopyor nanti.
http://bibitkelapakopyorpati.blogspot.co.id/
1.     Kelapa Kopyor Tipe Dalam
Kelapa kopyor tipe dalam memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·       Memiliki batang besar
·       Memiliki bol pada pangkal batangnya
·       Berbunga pada umur 5-7 tahun
·       Buah kelapa berukuran cukup besar, tetapi produktifitas sangat sedikit. Dalam satu tandan hanya berbuah kopyor sebanyak 1-2 buah saja.
·       Buah kelapa kopyor tipe dalam memiliki 3 jenis warna, yaitui hijau, hijau kekuningan, dan coklat hijau kekuningan.

Kelapa kopyor tipe dalam ini cenderung menghasilkan buah yang sedikit, karena penyerbukannya silang. Sehingga pertemuan antara gen resisif,  serbuk bunga betina dan serbuk sari relatif sedikit. Jenis kelapa kopyor tipe dalam ini banyak dijumpai di daerah Kalianda (Lampung Selatan), Ciomas (Bogor), Sumenep (Madura), Jombang Jawa Timur, dan Pati Jawa Tengah.
http://bibitkelapakopyorpati.blogspot.co.id/
2.     Kelapa Kopyor Tipe Genjah
Jenis yang kedua adalah tipe kelapa kopyor Genjah. Berikut adalah cici-cirinya:
·       Memiliki batang lebih kecil dibanding jenis tipe dalam
·       Tidak memiliki bol pada tangkai batang
·       Tipe genjah berbuah lebih cepat, mulai berbuah dari umur 3-4 Tahun.
·       Ukuran buahnya lebih kecil, tetapi produktifitasnya lebih banyak.
·       Buah kelapa kopyor tipe genjah memiliki 5 jenis warna, yaitu: hijau, hijau kekuningan, coklat tua, coklat muda, kuning (gading wulan), dan orange (gading).

Produktifitas tipe kelapa koppyor genjah ini tinggi karena proses penyerbukannya dilakukan sendiri, sehingga peluang pertemuan antara gen resisif pada bunga betina dan seruk sari lebih besar. Kelapa kopyor tipe genjah banyak di budidayakan di daerah kabupaten Pati Jawa tengah.

Bagi para pemula yang ingin melakukan penanaman pembibitan alangkah baiknya mempelajari cara yang benar dalam menanam. Dan harus mengetahui tipe jenis apa yang bagus untuk dikembang biakan. Melihat kriteria dalam artike ini, maka jenis tipe kelapa kopyor genjahlah yang paling baik untuk dibudidayakan. Selamat mencoba! [pengusaha bibit kelapa kopyor]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

manfaat Kelapa Kopyor untuk kesehatan

www.bibitkelapakopyorpati.blogspot.com www.bibitkelapakopyorpati.blogspot.com Mendengar tentang kelapa kopyor pasti tidak asing diteli...