Sabtu, 21 Februari 2015

Cara Budidaya Kelapa Kopyor yang baik dan benar

Kelapa Kopyor adalah kelapa yang mengalami kelainan genetik pada buah kelapa. Menurut sebagian masyarakat Jawa Tengah disebut kelapa kopyor disebut Garoh. Ciri kelainan genetik pada buah kelapa"daging buah" yang empuk terlepas dari tempurungnya. Jumlah air kelapanya sedikit, aromanya yang khas berbeda dengan daging kelapa biasa.
Sifat-sifat ini merupakan bagian hasil mutasi bagian mayang bersifat setempat, biasa dikenal dengan botani sebagai Chimera. Perubahan ini bisa terjadi pada saat pembuahan atau sebelum pembuahan atau bahkan sebelumnya. Buah kelapa kopyor dapat dikenali dengan menggoyang-goyangkan buah kekiri dan kekanan, dan terdengar suara buah tersebut seolah bukan berisi air tetapi berisi pasir. 

kelapa kopyor biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi dan yang udaranya sejuk, serta di daerah-daderah  pantai. buah kelapa kopyor sangat disukai masyarakat Indonesia. terutama bila disajikan dalam minuman yang menyegarkan. kegunaan lainnya buah kelapa ini sadalah angat berkhasiat untuk membunuh racun dalam tubuh.
Selain itu, buah kelapa kopyor juga dapat dimanfaatkan untuk bahan untuk membuat  kue, baik sebagai kue kering atau basah. Nilai ekonomis kelapa kopyor ini juga sangat tinggi. Bila dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor  bisa mencapai empat sampai lima kalinya kelapa biasa. budidaya tanaman ini sangat mudah dan bisa dibudidayakan.
Buah kelapa kopyor ini bisa menjadi obat penyembuh untuk orang yang keracunan. [Aris Abdul Hadi/pengusaha Kelapa Kopyor]


budidaya kelapa kopyor

2 komentar:

  1. thanks infonya Bisnis jual bibit ini sangat menjanjikan kedepannya.
    Hal ini lantaran permintaan bibit tanaman ini masih sangat besar.
    Selain itu, bibit tanaman ini juga selalu di cari baik untuk reboisaasi atau lainnya. tetapi pen jual bibit belum banyak. seperti bibit jahe merah, bibit kroto , bibit kelapa kopyor di pasaran permintaannya masih tinggi.

    BalasHapus
  2. siap gan, saya akan mulau merintis lagi usaha ini

    BalasHapus

manfaat Kelapa Kopyor untuk kesehatan

www.bibitkelapakopyorpati.blogspot.com www.bibitkelapakopyorpati.blogspot.com Mendengar tentang kelapa kopyor pasti tidak asing diteli...